learn everything

text editor kakoune

text editor kakoune

kakoune text editor yang terinspirasi dari vi/vim
kalian bagi para programer sudah gak asing lagi tex editor yang satu ini yaitu text editor vi/vim apalagi kalau kalian pengguna os linux yap. pastinya kalian tahu dengan si text editor vim ini, nah di akli ini saya akan memberi info tentang text editor yang terinspirasi oleh vim yaitu kakoune.
bagian image/screnn shot
kakoune adalah modal text editor yang terinspirasi oleh vim dan alternatif yang serupa, tetapi mencoba untuk meningkatkan alur kerja pengeditan teks serta lebih sesuai dengan filosofi Unix. Selain pengeditan modal, dua konsep utama lainnya adalah penyuntingan berdasarkan pilihan, dan pengeditan multi-kursor. Ini memiliki sistem bantuan interaktif, dan mendukung banyak bahasa.

Fitur Kakoune:

Ini interaktif, dapat diprediksi, dan cepat.
Mendukung banyak pilihan.
Mendukung penyorotan sintaks.
Ini beroperasi dalam dua mode: normal dan penyisipan.
Menggunakan ketukan kurang sehingga membuatnya cepat.
Mendukung tampilan informasi otomatis.
Juga mendukung pelengkapan otomatis yang luas.
Menawarkan beberapa alat pengeditan teks.
Mendukung bekerja dengan program eksternal.
Mendukung primitif manipulasi teks lanjutan.
Menggunakan primitif penanganan yang kuat seperti pertandingan regex, pemfilteran, pemisahan, pensejajaran, objek teks, dan lainnya.

Persyaratan:
GCC> = 5 atau clang> = 3.9 (dengan pustaka standar C ++ terkait (libstdc ++ atau libc ++)
libncursesw> = 5.3

asciidoc untuk membuat halaman manual

cara instal kakoune code editor di linux


Pada distribusi Linux utama seperti CentOS / RHEL dan Debian / Ubuntu, Anda perlu membangun dan menginstalnya dari sumber. Sebelum itu pertama Anda perlu menginstal alat pengembangan dan dependensi lainnya pada sistem Anda dan kemudian mengkloning kode sumber, membangun dan menginstalnya dengan perintah berikut
$sudo apt update && sudo apt install build-essential libncurses5-dev libncursesw5-dev asciidoc
$ cd Downloads/
$ git clone http://github.com/mawww/kakoune.git
$ cd kakoune/src
$ make
$ make man
$ sudo make install

bagaimana cara menggunakan kakoune code editor di linux

caranya adalah
Once you have installed kakoune, simply launch it by running the following command with script filename (example getpubip.sh) that you want to code.

$kak getpubip.sh

Karena arsitektur klien / server kakoune, perintah di atas akan membuka sesi baru, dengan klien di terminal lokal.

Untuk masuk dalam mode insert, tekan i. Setelah membuat perubahan pada kode sumber Anda, gunakan: w untuk menulis perubahan. Dan untuk kembali ke mode normal, tekan , untuk keluar, gunakan: q. Jika Anda ingin berhenti tanpa menulis perubahan, gunakan: q !. Seperti yang Anda lihat, sebagian besar kunci mirip dengan yang ada di editor Vi / Vim.
Anda bisa mendapatkan daftar semua opsi baris perintah yang diterima dengan mengetik.

$ kak -help

Kakoune adalah Vi / Vim seperti editor modal; dibuat untuk meningkatkan model pengeditan Vi membuat penulisan / pengeditan kode menjadi lebih cepat, dan lebih menyenangkan. Bagikan pendapat Anda tentang hal itu melalui formulir umpan balik di bawah ini.
Untuk dokumentasi komprehensif termasuk penekanan tombol untuk digunakan dalam mode penyisipan, periksa repositori Kakoune Github: https://github.com/mawww/kakoune

top tex editor buat programing

Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

saya ingin membagikan informasi yang saya miliki kepada kalian bahwa dunia internet itu sangat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan kita baik untuk culture, tekhnology, akademik, dll

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.