learn everything

pengertian DO dan DOES

DO dan DOES


Assalamualaikum wr.wb.pada pages ini saya akan menjelasakan tentang pengertian do dan does sebagaimana mungkin sebagian orang belum memahaminya tentang Do dan DOES
sebelumnya kalian telah memahami kata TO BE (am, is, are) pada pembelajaran TO BE (am, is, are) sebagai kata kerja bantu yang mempunyai pasangan-pasangan pokok kalimat kalau belum membacanya silahkan klik link ini pengertian TO BE (am, is, are).sama halnya juga DO dan DOES yang memiliki pasangan-pasangan pokok kalimat
ingat DO dan DOES ADALAH KATA KERJA BANTU AKAN TETAPI DO dan DOES tidak mempunyai arti tapi HANYA MEMBANTU PEMBENTUKAN KALIMAT BERTANYA DAN MENYANGKALperhatikan pasangan DO dan DOES dengan pokok kalimat
I, you, he, she, it, we dan they.: pokok kalimat: i pasangannya do dibaca [ai du:] you pasangannya do dibaca [yu: du:]
he pasangannya does dibaca [hidaz]
she pasanganya does dibaca [shi: daz]
it pasangannya does dibaca [it daz]
we pasangannya do dibaca [wi: du:]
they pasangannya do dibaca [thei du:] setelah anda mengetahui pasangan setiap kata kerja bantu dengan pokok kalimat sekarang anda akan mempelajari letakdan perubah kata kerja bantu menurut pokok kalimatnya. perhatikan kalimat-kalimat berikut di bawah ini!
i know that man.
[ai nou thet men]

saya kenal orang itu

we like something
[wi: laik someti:ing]

kami suka sesuatu
it takes four hours to go there.

[it teiks four auez tu: gou the:]

pergi kesana memerlukan waktu empat jam

perhatikan kata kerja semua kalimat tadi, mungkin anda bertanya mengapa kata kerja yang pokok kalimatnya he, she, it di tambah dengan -s? karena seharusnya demikian menurut aturan WAKTU yang disebut PRESENT TENSE (wkatu sekarang).

KALIMAT BERTANYA


cara membentuk kalimat tanya dari kalimat berita:
kamu harus menempatkan DO dan DOES di depan kalimat(sesuai dengan pasanga-pasangan keta kerja bantu dengan pokok kalimat) CONTOH:
i know that man
do i know that man?
apakah saya kenal orang itu.?
dalam prsent tense(waktu sekarang)kata kerjanya harus ditambah -s bila pokok kalimat itu he, she, it Catatan: husruf -s pada kata kerja harus dihilangkan dalam kalimat bertanya. jangan sampai dibuat:does he comes to see me?
tetapi:Does he come to see me?
disamping pokok kalimat he, she, it juga nama-nama orang binatang dan benda lainnya, -s harus ditambahkan pada kata kerjanya.

KALIMAT MENYANGKAL
di kalimat menyangkal ini kamu hanya menambahkan kata not pada pasangan kalimat kata kerja bantu sesuai dengan pokok kalimat.
contoh: iknow that man
i do not know that man
saya tidak menegnal orang itu.
huruf -s pada kata kerja harus dihilangkan dalam kalimat menyangkal berikut kata-kata tanya:
kata tanya
who siapa
what apa
how bagaimana
when bilamana
which yang mana
why kenapa
where di mana, ke mana
dan saya berpesan kepada kamu yang sudah membaca ini coba pahami lagi sampai anda/kamu benar-benar paham agar kamu tidak pusing masalah do dan does, sampai disini pembelajaran do dan does sebagai kata kerja bantu.





pengertian DO dan DOES

Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

saya ingin membagikan informasi yang saya miliki kepada kalian bahwa dunia internet itu sangat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan kita baik untuk culture, tekhnology, akademik, dll

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.